Prediksi tinggi gelombang di Pelabuhan Ketapang menggunakan model fungsi transfer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Zsa Zsa Rizkyana (2021) Prediksi tinggi gelombang di Pelabuhan Ketapang menggunakan model fungsi transfer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zsa Zsa Rizkyana Dewi_H02217014 OK.pdf

Download (875kB)

Abstract

Pelabuhan Ketapang merupakan pelabuhan penyeberangan yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagai penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali menyebabkan pelabuhan ini padat akan aktivitas penyeberangan. Sebagai sarana angkutan penyeberangan perlu memperhatikan beberapa aspek, salah satunya dalam hal keamanan dan keselamatan. Kasus kecelakaan penyebrangan menjadi perhatian banyak orang. Penyebab utama umumnya akibat gelombang yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menduga tinggi gelombang berdasarkan kecepatan angin menggunakan metode Model Fungsi Transfer sebagai metode gabungan antara analisis time series }dan analisis regresi. Didapatkan nilai MAPE sebesar 22.8 % yang artinya model layak digunakan sebagai model peramalan. Hasil peramalan tinggi gelombang menunjukkan bahwa nilai tinggi gelombang dalam kategori rendah, sehingga aman untuk melakukan aktivitas penyebrangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Zsa Zsa Rizkyanazsazsarizkyana35@gmail.comH02217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.com0728058802
Thesis advisorHamid, Abdullahdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Matematika
Keywords: Model Fungsi Transfer; Tinggi Gelombang; Pelabuhan Ketapang.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Users 32038 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:36
Last Modified: 14 Aug 2021 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49505

Actions (login required)

View Item View Item