Pengaruh penerapan mobile seamless learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis berdasarkan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik MAN 3 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Intan Budiana (2021) Pengaruh penerapan mobile seamless learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis berdasarkan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik MAN 3 Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Budiana Putri_F52319323.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membuka peluang baru untuk mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan teknologi. Pembelajaran tanpa batas diidentifikasi sebagai bentuk pembelajaran bergerak yang dapat diakses dan terus ditingkatkan melalui teknologi. Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan kita belajar di luar sekolah. Penerapan mobile seamless learning didefinisikan sebagai model pembelajaran yang memungkinkan pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh atau tidak ada pengaruh penerapan mobile seamless learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits berdasarkan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik MAN 3 Jombang. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dipilih dalam penelitian ini. Peserta didik kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 7 dan XI MIPA 8 yang berjumlah 120 peserta didik adalah sampel yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA MAN 3 Jombang yang berjumlah 255 peserta didik. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik independent sample t test dengan mengunakan taraf signifikansi 0, 005 melalui aplikasi SPSS versi.26.0 for windows digunakan dalam mengolah data secara statistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa, dari hasil uji independent sample t test¸ menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata kelas eksperimen dengan penerapan mobile seamless learning lebih tinggi pada angka 82,17 dibandingkan peserta didik kelas kontrol dengan pembelajaran blanded learning pada angka 53,42, selain itu, angka signifikansi (2-tailed) menunjukkan pada angka 0,000. Dimana angka tersebut kurang dari 0,005. Dari hasil uji Ngain Score kelas eksperimen menunjukkan pada angka 50,2171 sedangkan kelas kontrol menunjukkan hasil uji Ngain Score 4,8652, dengan ini, Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan mobile seamless learning terhadap prestasi belajar peserta didik MAN 3 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Intan Budianaintanadianaaa99@gmail.comF52319323
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penerapan Mobile Seamless Learning; Kurikulum 2013; Prestasi belajar Peserta didik.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Budiana Putri
Date Deposited: 06 Sep 2021 20:59
Last Modified: 06 Sep 2021 20:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50082

Actions (login required)

View Item View Item