This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa'adah, Iffa Inayatus (2021) Implementasi etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Ayam Geprek Sa'i Cabang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Iffa Inayatus Sa'adah_G94217171.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah tentang implementasi etika bisnis Islam dalam sebuah restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan pelayanan, implementasi etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan, serta dampak dari implementasi etika bisnis Islam tersebut dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung kepada beberapa narasumber yaitu supervisor, karyawan produksi, kasir, pelayan, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan meliputi beberapa tahap yaitu: perencanaan produksi, pengadaan bahan baku, serta pelaksanaan produksi berdasarkan resep restoran. Pelayanan di Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan diberikan dalam waktu yang cepat sebagaimana konsep fastfood yang diterapkan serta sesuai dengan lima kualitas pelayanan. Restoran Ayam Geprek Sa’i Cabang Lamongan telah menerapkan etika bisnis Islam dalam proses produksi dan pelayanan melalui lima prinsip yang ada di dalamnya yaitu prinsip ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajkan. Implementasi etika bisnis Islam tersebut memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan konsumen terutama pada kepuasan terhadap produk dan pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya loyalitas konsumen melalui pembelian yang dilakukan secara terus-menerus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bisnis Etika |
||||||||
Keywords: | Etika bisnis Islam; Proses produksi; Pelayanan; Kepuasan konsumen. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Iffa Inayatus Sa'adah | ||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2021 20:55 | ||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2021 20:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50150 |
Actions (login required)
View Item |