This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nabila, Nur Silva (2021) Internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan NU dan Muhammadiyah: studi di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Silva Nabila_F02318101.pdf Download (2MB) |
Abstract
Internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran PAI di lembaga pendidikan di bawah oraganisasi Islam moderat yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang memiliki ideologi moderat, diharapkan mampu mengurangi pemahaman dan perilaku siswa yang mengarah pada ekstermisme maupun radikalisme serta memberikan solusi gerakan deradikalisasi di sekolah, sehingga radikalisasi dapat dicegah sedini mungkin agar tidak berkembang hingga ke perguruan tinggi dan meresahkan masyarakat. Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, 1) apa saja bentuk nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik, 2) Bagaimana proses nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik 3) Bagaimana Implikasi internalisasi nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik . Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, WAKA Kurikulum dan siswa Kelas XI dan kelas XII, observasi dilakukan di sekolah masing-masing dan peneliti mengikuti pembelajaran Daring, dan dokumentasi seperti buku Modul, LKS, struktur organisasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk Nilai Islam Moderat di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik adalah: tawassuth, tawazzun, tasammuh, i’tidal, shidiq, syura’, tajrid, tajdid 2) proses internalisasi nilai Islam Moderat di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 melalui 3 tahap, tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai 3) implikasi tercermin pada sikap sosial, toleran dan moderasi nya. Perbedaannya jika di SMA Daruttaqwa menunjukkan perwujudan ukhuwah islamiyah persaudaraan sesama muslim, ukhuwah basyariyah yaitu sesama manusia, dan ukhuwah wathaniyah yaitu dalam bangsa. Sedangkan di SMA Muhammadiyah 1 memandang Islamsebagai din al Hadarah atau Islam berkemajuan, yang mana agama Islammemuat konsep atau petunjuk dan keyakinan untuk memotivasi manusia agar hidup dalam berkemajuan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Muhammadiyah Pendidikan > Pembelajaran Nahdlatul Ulama |
||||||||||||
Keywords: | Nilai Islam Moderat; pembelajaran PAI; Lembaga Pendidikan NU dan Muhammadiyah. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Silva Nabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2021 14:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2021 14:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50171 |
Actions (login required)
View Item |