Konsep dan strategi pengembangan Madrasah Unggulan Amanatul Ummah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syukkur, Ahmad (2021) Konsep dan strategi pengembangan Madrasah Unggulan Amanatul Ummah. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ahmad Syukkur_F03118023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan konsep dan strategi pengembangan sekolah unggulan yang berada dibawah naungan yayasan Amanatul Ummah. Secara spesifik penelitian ini fokus pada lembaga MA. Unggulan Amanatul Ummah. Selaku Pengasuh Yayasan, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim menggunakan konsep dan strategi pengembangan yang disesuaikan dengan perjalanan lembaga pendidikan yang dimulai dari tahun 2001 sampai sekarang. Pengembangan ini dapat diklasifikasi menjadi empat priode: pertama 2001-2004 disebut masa perjuangan, kedua 2005-2009 disebut masa pembangunan, ketiga 2010-2014 dinamakan masa pengembangan, keempat 2015-2019 disebut masa kejayaan. Dari empat periodeisasi mengalami kemajuan yang siginifikan baik siswa/siswi dan inovasi. Namun demikian, pengembangan utama pendidikan di Amanatul Ummah selalu menjaga kompetensi nilai yang tinggi dalam strandar proses pembelajaran, sehingga lembaga ini tetap menjaga kualitas peserta didik agar dapat mencetak siswa yang mampu berdaya saing ditingkat nasional maupun internasional. Untuk memahami lebih jauh dalam penelitian konsep dan strategi pengembangan pendidikan dilingkungan Amanatul Ummah, penulis menggunakan teori studi kasus dalam konsep dan strategi pengembangan pendidikan yang diterapkan oleh Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan wawancara di lembaga pendidikan Amanatul Ummah. Adapun informan utama sebagai sumber data primer dalam penelitian ini, penulis melibatkan pihak pengelola lembaga yang berwenang, diantaranya Kepala Yayasan, Kepala Madrasah dan Kepala Pondok Pesantren. Sedangkan data sukender sebagai data pendukung, penulis melibatkan siswa-siswa serta alumni dari Yayasan Amanatul Ummah. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa konsep dan strategi pengembangan pendidikan lembaga MA. Unggulan Amanatul Ummah mampu mencetak lulusan yang berkualitas yang ditunjukkan dengan prestasi baik formal atau non formal. Keunggulan ini dapat diraih sebab didukung dengan lingkungan yang kondusif melalui proses pembelajaran yang efektif. Adapaun strategi yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran menggunakan teknologi informasi yang sesuai strandart nasional. Disamping itu, lembaga MA. Unggulan Amanatul Ummah mampu membentuk inovasi baru dalam proses pembelajaran, seperti: memberi pelayanan pembelajaran 24 jam, peningkatan extrakurikuler, program dauroh, program matrikulasi, dan peningkatan berkelanjutan. Dengan demikian, strategi Madrasah Unggulan Amanatul Ummah memiliki karakteristik mutu lulusannya yang dapat diterima di perguruan tinggi terkemuka baik ditingkat nasional maupun internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syukkur, AhmadSyukurahmad404@gamil.comF03118023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan; Madrasah Unggulan; Amanatul Ummah.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Syukur
Date Deposited: 16 Oct 2021 01:15
Last Modified: 16 Oct 2021 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50645

Actions (login required)

View Item View Item