Pengaruh regulasi diri (metakognisi, motivasi dan perilaku) terhadap prestasi belajar matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mulhamah, Umi Nida (2016) Pengaruh regulasi diri (metakognisi, motivasi dan perilaku) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Regulasi diri mengintegrasikan banyak hal tentang teori belajar efektif. Zimmerman membagi regulasi diri ke dalam 3 aspek yang diaplikasikan dalam belajar, yaitu metakognisi, motivasi, dan perilaku. Ketiganya kemudian dihubungkan dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini terfokus pada 3 permasalahan. (1) Validitas dan reliabilitas dimensi konstruk instrumen penelitian. (2) Kesesuaian model teoritis dengan data empiris. (3) Besar pengaruh yang diberikan metakognisi, motivasi dan perilaku terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan verifikatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN Tanjunganom Nganjuk dengan sampel sebanyak 112 siswa. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur metakognisi, motivasi dan perilaku siswa. Sedangkan prestasi belajar matematika diambil dari data nilai UTS semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Data empiris dianalisis menggunakan software LISREL versi 9.2 for student melalui metode statistika Confirmatory Factor Analysis (CFA) yang terdapat pada analisis SEM. Kerangka model teoritis dikembangkan dari teori-teori sehingga setelah diuji diperoleh model teoritis yang sesuai. Pengujian validitas dan reliabilitas menghasilkan seluruh instrumen valid dan reliabel dengan SLF ≥ 0,30 dan t-value ≥ 1,96. Selanjutnya model teoritis yang dikembangkan telah sesuai dengan kriteria uji kecocokan yang dilakukan. Uji kecocokan yang sesuai dengan kriteria Goodness Of Fit adalah p-value, RMSEA, NNFI, IFI, CFI, ECVI dan GFI, sehingga model teoritis dinyatakan sesuai dengan data empiris. Pengujian yang terakhir adalah besar pengaruh yang dihasilkan. Metakognisi, motivasi dan perilaku secara keseluruhan menghasilkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai t sebesar 6,31; 3,54 dan 2,11.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mulhamah, Umi Nidaumynieda@gmail.comD04210013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Regulasi diri; Metakognisi; Motivasi; Perilaku; Prestasi belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nida Mulhamah
Date Deposited: 14 Mar 2016 07:36
Last Modified: 16 Dec 2019 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item