This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wulandari, Eka Febriani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di MTs KH.M Noer Surabaya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pada proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru, akibatnya siswa pasif dan bergantung pada penjelasan guru. Untuk menciptakan pembelajaran yang membuat siswa aktif salah satu alternatifnya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP, LKS dan THB dengan menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi dan fase implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII MTs KH.M. Noer Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validasi, pengamatan, kerja kelompok, tes hasil belajar dan angket. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) RPP, LKS dan THB dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan pecahan dikatakan valid dengan rata-rata penilaian RPP sebesar 3,04, LKS sebesar 3,00 dan THB sebesar 2,86; (b) RPP, LKS dan THB dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan pecahan dikatakan praktis dengan penilaian rata-rata B, yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi dan skor rata-rata penilaian pengamatan sintaks pembelajaran sebesar 3,18; (c) RPP, LKS dan THB dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan pecahan dikatakan efektif dengan persentase ketuntasan kerja kelompok sebesar 100%, persentase ketuntasan tes hasil belajar sebesar 78,57% dan persentase angket respon siswa sebesar 82,19%, yang tergolong dalam kategori positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model-Eliciting Activities (MEAs) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Eka Febriani Wulandari | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2016 07:47 | ||||||
Last Modified: | 30 Nov 2016 08:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5070 |
Actions (login required)
View Item |