Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pendekatan Problem Posing dan Model Kooperatif Teknik Probing Prompting

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Paradita Candra (2016) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pendekatan Problem Posing dan Model Kooperatif Teknik Probing Prompting. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Siswa tidak tertarik terhadap mata pelajaran matematika karena masih terfokus kepada buku teks. Pembelajaran seperti ini dirasa kurang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian guru haruslah memilih model pembelajaran yang tepat. Ada banyak model yang digunakan dalam pembelajaran, diantaranya pendekatan problem posing dan teknik probing prompting. Pendekatan problem posing dan teknik probing prompting yang dipilih dalam penelitian ini karena dalam pendekatan problem posing dan teknik probing prompting siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematikanya berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah menggunakan model PBL dengan pendekatan problem posing dan model kooperatif teknik probing prompting. Serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah menggunakan model PBL dengan pendekatan problem posing dan model kooperatif teknik probing prompting. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, data yang digunakan adalah data kuantitatif, untuk itu analisis data yang digunakan adalah analisis statistik. Analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem posing dan teknik probing prompting. Adapun sampel yang peneliti ambil adalah kelas VIII-A yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen ke-1 dan kelas VIII-C yang juga berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen ke-2. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dan model pembelajaran kooperatif teknik probing prompting. maka dilakukan Uji-t. Namun sebelumnya, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Jika tidak terpenuhi, maka akan digunakan analisis statistik nonparametrik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan Problem Posing di perolehan standar deviasi sebesar 6,63. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif teknik Probing Prompting di standar deviasi sebesar 7,26. Karena Dari hasil uji normalitas dan hasil uji homogenitas maka data tersebut adalah data berdistribusi normal dan data homogen, Kemudian melakukan Uji-t sehingga diperoleh, yaitu 1,64 < 2,0066 yang artinya terima H0 tolak H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan problem posing dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif teknik probing prompting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Paradita Candra-D04211035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Model; PBL, Pendekatan Problem Posing; Model Kooperatif; Teknik Probing Prompting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: paradita candra
Date Deposited: 05 Apr 2016 06:11
Last Modified: 12 Nov 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item