This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Miftakhul (2016) Analisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah peluang berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Proses berpikir kreatif merupakan tahap yang dilalui oleh seseorang saat berpikir kreatif. Tahapan tersebut meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Setiap siswa memiliki tipe kepribadian yang berbeda, maka pola pikirnya juga akan berbeda pula. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang meliputi tipe kepribadian STJ (Sensing-Thinking-Judging), STP (Sensing-Thinking-Perceiving), SFJ, (Sensing-Feeling-Judging), SFP (Sensing-Feeling-Perceiving), NTJ (iNtuition-Thinking-Judging), NTP (iNtuition-Thinking-Perceiving), NFJ (iNtuition-Feeling-Judging), dan NFP (iNtuition-Feeling-Perceiving).
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitan di SMA Negeri Kesamben Jombang kelas XI IPA dengan empat belas subjek terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes MBTI, tes tertulis, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data angket tes kepribadian MBTI, lalu tes tertulis untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dengan langkah-langkah mereduksi, menyajikan data dan penarikan simpulan.
Subjek dengan kencenderungan sensing memperoleh informasi dengan membaca soal berulang kali, sedangkan untuk kecendrungan intuition memperoleh informasi dengan membaca soal hanya 1-3 kali. Subjek dengan kencenderungan thinking memutuskan cara yang akan digunakan secara objektif, sedangkan untuk kecenderungan feeling memutuskan cara yang akan digunakan secara subjektif. Subjek dengan kencenderungan judging menjalankan strategi dengan sistematis dan terencana, sedangkan kecenderungan perceiving menjalankan strategi dengan tidak sistematis dan tidak terencana.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Proses Berpikir Kreatif; Tipe Kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI); Peluang; Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Jannah Miftakh | ||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2016 08:03 | ||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:48 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5121 |
Actions (login required)
View Item |