This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikhah, Mar'atus (2021) Model pengembangan kurikulum pendidikan diniyah: studi multikasus di madrasah diniyah An-Nur Mojokerto dan Madrasah Hidayatul Mubtadi-Aat Fittahfizhi Wal Qiro-Aat Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mar'atus Sholikhah_F52319321.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan hal terpenting dalam sebuah pendidikan, dengan mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah, maka kurikulum tidak cukup jika hanya di buat saja, tetapi juga harus dikembangkan dengan berbagai model pengembangan yang dirasa cocok dengan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, kecocokan dalam memilih model pengembangan kurikulum juga sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Sehingga hal inilah yang mendasari dilakukannya sebuah penelitian tentang model pengembangan kurikulum di Madrasah An-Nur Mojokerto dan Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qira-aat Kediri dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah : Bagaimana Landasan Pengembangan Kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur dan Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Kediri? Bagaimana Model Pengembangan Kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur dan Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Kediri? Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dari Pengembangan Kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur dan Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Kediri? Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Landasan pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur adalah landasan filosofis, yuridis dan psikologis. Landasan pengembangan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at adalah landasan filosofis, sosiologis. 2) Model pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur adalah menggunakan metode Grass Roots dan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at menggunakan metode Beauchamp. 3) Faktor pendukung pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah An-Nur adalah memiliki dewan asatidz yang berkompeten, dan penghambatnya adalah belum ada tim pengembangan kurikulum sendiri dan juga masalah biaya. Faktor pendukung pengembangan kurikulum di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at adalah memiliki sumber informasi yang terpercaya dan sudah dibentuknya tim pengembangan kurikulum sendiri
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama Kurikulum |
||||||||||||
Keywords: | Model Pengembangan; Kurikulum; Madrasah Diniyah. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atus Sholikhah | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2022 15:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2022 15:35 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51524 |
Actions (login required)
View Item |