This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wakhda, Nila (2022) Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan sikap disiplin di MTsN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nila Wakhda_D01216026.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Aqidah Akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT dan meralisasikan dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur’an dan hadits melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik di MTsN 1 Mojokerto? (2) bagaimana bentuk perilaku disiplin peserta didik di MTsN 1 Mojokerto? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik di MTsN 1 Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak itu berbeda-beda mulai dari kelas 7 memakai metode tanya jawab, kelas 8 memakai metode pemberian tugas, kelas 9 metode diskusi. Dan mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan meningkatkan sikap disiplin itu saling berkaitan karena disiplin itu taat terhadap peraturan. Bentuk perilaku disiplin peserta didik di MTsN 1 Mojokerto datang sebelum bel berbunyi, menaati tata tertib sekolah, mengikuti pembelajaran dengan tekun, bisa menghargai waktu dan gunakan waktumu sebaik mungkin dan jangan sampai dihari nanti menyesal karena tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Pembetukan watak yang baik serta prestasi yang baik ada beberapa faktor yaitu dari dalam diri peserta didik antara lain kecerdasaan, bakat, minat, motivasi, disiplin diri dan kemandirian, sedangkan faktor dari luar diri peserta didik dapat berupa lingkungan, kondisi sosial, ekonomi, lingkungan sekolah, guru.Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yang pertama keluarga, yang kedua sekolah, dan yang ketiga masyarakat. Faktor penghambat Yang mempengaruhi adalah rasa malas, keluarga, ingin mencoba, ingin menarik perhatian, faktor lingkungan terutama teman, motivasi dan minat, pembawaan, kesadaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Disiplin Sekolah Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Aqidah Akhlak; Sikap Disiplin | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nila Wakhda | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2022 15:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jan 2022 15:32 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51531 |
Actions (login required)
View Item |