This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amalia, Anis Zulfi (2021) Pemanfaatan media Classcraft dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Tlasih Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Anis Zulfi Amalia_F52319039.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan kedisiplinan bukanlah suatu hal yang baru dalam lingkungan sekolah. Berbagai solusi untuk mengatasi ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh siswa telah dilakukan dan terus berkembang. MA Darul Ulum Tlasih Sidoarjo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengontrol kedisiplinan belajar siswa dengan cara menyenangkan melalui pemanfaatan media Classcraft. Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: 1) Bagaimana perencenaan pemanfaatan media Classcraft dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa MA Darul Ulum Tlasih, 2) Bagaimana proses pemanfaatan media Classcraft dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa MA Darul Ulum Tlasih, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media classcraft dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas XI di MA Darul Ulum Tlasih Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pemanfaatan media classcraft dilakukan dengan cara membuat ruang kelas virtual di classcraft, menentukan perilaku disiplin yang ingin dibentuk, menentukan kegiatan pembelajaran melalui menu Quest, 2) Proses pemanfaatan media classcraft dilakukan dengan melalui dua tahapan, yaitu tahap pengenalan dimana guru memberikan tutorial pengoperasian media classcraft dan tahap pelaksanaan yang dilakukan pada materi Makanan Halal dan Baik dan materi Mensyukuri Nikmat Allah SWT., 3) Faktor pendukung pemanfaatan media classcraft dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa antara lain penggunaan media yang mudah, tampilan yang menarik seperti bermain game, dan sistem poin. Adapun faktor penghambat dalam pemanfaatan media ini adalah keterbatasan perangkat komputer dan belum adanya Bahasa Indonesia pada media classcraft.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Disiplin Sekolah | ||||||||||||
Keywords: | Pemanfaatan; Media; Classcraft. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Anis Zulfi Amalia | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2022 08:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2022 08:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51630 |
Actions (login required)
View Item |