This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatikah, Yanti Sindy (2022) Pengaruh pendampingan dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Yanti Sindy Fatikah_D97217718.pdf Download (2MB) |
Abstract
Adanya kebijakan pemerintah untuk melaksanakan program belajar dari rumah dikarenakan adanya pandemi COVID-19 membuat orang tua semakin banyak terlibat dalam pendidikan anak. Keterlibatan orang tua dalam mendampingi dan membimbing anak selama proses pembelajaran daring sangat penting bagi terwujudnya prestasi belajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. (2) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. (3) Pengaruh pendampingan dan bimbingan orang tua secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dari siswa kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Serta dilakukan uji prasyarat analisis (asumsi klasik). Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh : (1) Terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,693 > 2,028) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,001 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (2,611 > 2,028) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,013 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh antara pendampingan dan bimbingan orang tua secara simultan (bersama- sama) terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai F-hitung > F-tabel (30,935 > 3,25) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,632.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pendampingan Orang tua; Bimbingan Orang tua; Prestasi belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yanti Sindy Fatikah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2022 00:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Apr 2022 00:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52706 |
Actions (login required)
View Item |