This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Romadonna, Shilvy Sonya Navissha (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU MELALUI PROGRAM KELAS INTENSIF DI MADRASAH ALIYAH FADLILLAH WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian hendak mengetahui implementasi kurikulum terpadu melalui program kelas intensif di Madrasah Aliyah Waru Sidoarjo, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Selain sebagai pengamat penulis juga melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung dengan informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang dibutuhkan peneliti, diantara informan yang peneliti wawancarai adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum dan pengajar dalam program kelas intensif. Sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan tidak tertulis (lisan) dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa implementasi kurikulum terpadu melalui program kelas intensif di Madrasah Aliyah Waru Sidoarjo yakni adanya program ini memudahkan baik pengajar maupun peserta didik khususnya siswa-siswi kelas X (Sepuluh) baru dalam menghadapi kurikulum terpadu yang diterapkan dalam sebuah lembaga. Dan adanya program ini peserta didik khususnya siswa kelas X secara intensif dapat mempelajari beberapa materi terkait kurikulum terpadu yang salah satu kurikulumnya menggunakan kurikulum TMI (Tarbiyatul Mu’alimin Al Islamiyah) dan dalam materi-materinya banyak berbahasa Arab.
Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa program kelas intensif ini layak untuk terus dilanjutkan atau dikembangkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di kelas intensif Madrasah Aliyah Fadlillah ini efektif dan sangat bermanfaat untuk madrasah dan peserta didik yang bersangkutan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Implementasi Kurikulum Terpadu; Program Kelas Intensif; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Unnamed user with email navissharomadonna@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2016 08:40 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2016 08:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5272 |
Actions (login required)
View Item |