Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi writing in performance task (wipt) pada materi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andri, Ratna (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi writing in performance task (wipt) pada materi perbandingan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang sering ditemui dalam pembelajaran matematika adalah masih banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika, minimnya pemahaman siswa terhadap materi matematika berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa. Salah satu faktor penyebabnya, antara lain siswa pada umumnya kurang memahami masalah dalam menyelesaikan soal-soal. Jika ditinjau dari segi pembelajaran, salah satu penyebabnya adalah guru yang masih menggunakan pengajaran teacher center. Siswa hanya memperoleh pengetahuan dari guru saja, menulis materi, dan mengerjakan soal tanpa benar-benar mengecek pemahaman siswa. Sehingga harus dikembangkan pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan strategi Writing In Performance Task (WIPT) ini, siswa akan diajak mengonstruk pengetahuannya sendiri.
Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi Writing In Performance Task (WIPT) mengacu pada model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) Tahap Analyze Learners; (2) Tahap States Objectives; (3) Tahap Select Methods, Media, and Materials; (4) Tahap Utilize Media and Materials; (5) Tahap Require Learner Participation; (6) Tahap Evaluate and Revise. Pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Uji coba dilakukan pada 38 siswa kelas VII-F di SMPN 13 Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, dan nilai siswa sebelum perlakuan (pretes) dan nilai siswa sesudah perlakuan (postes).
Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata penilaian 3,94 dan kevalidan LKS berkategori sangat valid dengan rata-tara penilaian 4,03; (2) dari masing-masing perangkat pembelajaran tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan penilaian "B" untuk masing-masing perangkat pembelajaran, yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi; (3) keterlaksanaan RPP efektif, karena selama dua kali pertemuan masuk dalam kategori “baik”; (4) aktivitas siswa efektif, karena setiap aspek memenuhi kriteria waktu ideal dalam RPP dengan toleransi 5%; (5) Respon siswa memenuhi kriteria efektif ≥75% siswa merespon dalam kategori positif; (6) Hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara klasikal 81,58%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andri, RatnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Perangkat Pembelajaran; Model Two Stay Two Stray (TSTS); Strategi Writing In Performance Task (WIPT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Andri Ratna
Date Deposited: 17 Mar 2016 02:36
Last Modified: 14 Nov 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item