This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bhagaskara, Arindra Evandian (2022) Pengembangan media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa inggris di SD YAPITA Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Arindra Evandian Bhagaskara_02041020001.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Adanya kebijakan ini tentu memunculkan beberapa permasalahan. Diantaranya adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Hal ini bisa terjadi dikarenakan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dengan baik dan tepat. Kondisi lain adalah banyaknya siswa yang menggunakan media sosial, hal ini disebabkan seringnya siswa menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram, mendeskripsikan penerapan media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram mendeskripsikan efektifitas pengembangan media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram.Penelitiann ini termasuk dalam kategori penelitian Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SD Yapita. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi serta tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas.Hasi penelitian ini adalah 1) Desain media yang dikembangkan memiliki acuan berupa kondisi siswa, karakteristik materi dan juga pedoman pembelajaran jarak jauh. Desain yang telah dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. 2) Penerapan media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram yang telah dikembangkan ini berhasil mendapatkan kategori sangat baik berdasarkan respon guru dan juga siswa. 3) Media pembelajaran jarak jauh berbasis aplikasi instagram ini efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Yapita Surabaya berdasarkan uji efektifitas yang dilakukan menggunakan teknik paired sample t-test dan independent sample t-test
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Penelitian dan pengembangan; media pembelajaran bahasa inggris; keterampilan berbbicara | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Arindra Evandian Bhagaskara | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2022 07:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2022 07:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52952 |
Actions (login required)
View Item |