This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fikriyah, Mariyatul (2016) Implementasi Manajemen Koleksi Perpustakaan dalam pengembangan Budaya Literasi di SMP Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Implementasi manajemen koleksi di SMP Khadijah Surabaya dilakukan dengan beberapa kegiatan, mulai dari pengadaan, inventaris, input data buku ke aplikasi, klasifikasi daftar pustaka, penempelan barcode sampai peletakkan buku pada rak sesuai nomor panggil. Dalam menentukan klasifikasi daftas pustaka dan pembuatan barcode memakai alat bantu berupa software slim seven untuk mempermudah. Manajemen koleksi perpustakaan dilakukan mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Pengadaan dilakukan dengan melihat kebutuhan buku yang di perlukan guru dalam pembelajaran. Selain itu ada rapat yang dilakukan di awal tahun ajaran baru dan pertengahan tahun ajaran atau setelah semester satu. Pengembangan budaya literasi di SMP Khadijah Surabaya merujuk pada program dari pemkot, yaitu peserta didik membaca bacaan sebelum pelajaran jam pertama di mulai kemudian merangkum. Di SMP Khadijah program tersebut dilakukan dalam pelajaran Indonesia, peserta didik juga diberi tugas membaca dan merangkum, namun dilakukan dirumah dan kemudian hasil rangkumannya dikumpulkan. Program literasi di SMP Khadijah Surabaya dilakukan di rumah dan di sekolah. Saat disekolah peserta didik membaca, menulis, presentasi dan menyimak masih dilakukan sesuai dengan KD yang diperlukan guru mata pelajaran. Maka guru dapat melakukan pembelajaran di dalam perpustakaan atau membagi waktu yang dimiliki untuk melakukan pembelajaran di kelas dan di perpustakaan dengan memanfaatkan koleksi yang dimiliki perpustakaan. Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa (1) Manajemen koleksi perpustakaan diimplementasikan dengan beberapa kegiatan, mulai dari pengadaan, inventaris, klasifikasi daftar pustaka dan pembuatan barcode dengan bantuan software slim seven sampai peletakkan buku dalam rak sesuai nomor panggil. Manajemen koleksi tersebut dilakukan mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi (2) Walaupun program literasi yang dilakukan tidak sama dengan program dari pemkot, peserta didik masih bisa melakukan program literasi di rumah dan di sekolah. (3) Adanya kerjasama antara guru dengan pustakawa/petugas perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Perpustakaan |
||||||
Keywords: | Manajemen Koleksi; Koleksi Perpustakaan; Budaya Literasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Mariyatul Fikriyah | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2016 00:15 | ||||||
Last Modified: | 13 May 2019 04:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5318 |
Actions (login required)
View Item |