This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuliana, Nafiatul (2022) Profil berpikir Metaforis siswa dalam memecahkan masalah Aljabar ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nafiatul Zuliana_D74217058.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berpikir metaforis merupakan salah satu proses berpikir dalam bidang matematika yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. Berpikir metaforis adalah suatu aktivitas mental yang dilakukan siswa dengan mengunakan metafora-metafora berdasarkan pengetahuan awal yang telah dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari guna memahami, menjelaskan dan menalar konsep abstrak menjadi hal yang konkret melalui tahapan-tahapan berpikir “CREATE” (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, Experience). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir metaforis siswa pada materi aljabar berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di MA Ma’arif NU Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa yang mempunyai AQ climber, 2 siswa yang mempunyai AQ camper, dan 2 siswa yang mempunyai AQ quitter. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan angket ARP (Adversity Response Profile), tugas pemecahan masalah berpikir metaforis, dan wawancara. Angket ARP digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Metode tugas pemecahan masalah berpikir metaforis digunakan untuk mengetahui proses berpikir metaforis siswa pada materi aljabar. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih jelas terkait berpikir metaforis siswa pada materi aljabar. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data tugas pemecahan masalah berpikir metaforis dan analisis data wawancara. Data tersebut dianalisis berdasarkan tahapan berpikir metaforis dalam materi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki AQ climber mampu melalui semua tahapan berpikir metaforis yaitu pada tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora dari permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk rak buku dan lemari, tahap relate mampu menjelaskan hubungan konsep yang digunakan dengan permasalahan, tahap explore mampu menyusun model matematika dengan tepat, tahap analyze dapat menyebutkan kesesuaian antara perumpamaan dengan permasalahan, tahap transform mampu menafsirkan hasil akhir dengan tepat dan tahap experience mampu membuat permasalahan baru dari soal permasalahan. Hasil penelitian pada subjek yang memiliki AQ camper mampu melalui 5 tahapan berpikir metaforis yaitu tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora dari permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk rak buku dan lemari, tahap relate mampu menghubungkan antara konsep dengan permasalahan, tahap explore mampu menyusun model dari permasalahan, tahap transform mampu menafsirkan hasil akhir dari soal permasalahan dan tahap experience mampu membuat permasalahan baru dari soal permasalahan. Hasil penelitian pada subjek yang memiliki AQ quitter hanya mampu melalui 2 tahapan berpikir metaforis yaitu pada tahap connect mampu membuat metafora dari permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk keranjang dan kardus dan pada tahap explore mampu menyusun model dari permasalahan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | berpikir metaforis; masalah aljabar; adversity quotient (AQ); climber; camper; quitter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Nafiatul Zuliana | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 May 2022 02:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 May 2022 02:42 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53313 |
Actions (login required)
View Item |