PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL RECIPROCAL TEACHING (RT) DIPADU PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Windayati, Widdy (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL RECIPROCAL TEACHING (RT) DIPADU PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada saat ini masih menekankan pada hasil belajar kognitif saja, sehingga kemampuan siswa yang lain seperti metakognitif kurang diberdayakan. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran RT dipadu PBMP. Model RT dan PBMP diyakini berpotensi untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa. Selain itu tingginya aktivitas dan peran siswa dalam model ini sangat mendukung untuk memberdayakan keterampilan metakognitif. Berdasarkan hal tersebut kombinasi RT dan PBMP merupakan model yang dirasa tepat untuk memberdayakan metakognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKS, kepraktisan perangkat pembelajaran matematika, aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, serta keterampilan metakognitif siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika model RT dipadu PBMP.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan. Karena peneliti ingin mengembangkan model pembelajaran RT dipadu PBMP untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa yang hasilnya mengacu pada RPP dan LKS. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan pembelajaran menurut Plomp yang dibatasi sampai fase ke empat yaitu : (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, (d) fase tes, evaluasi, dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Nurus Syafi’i yang berjumlah 20 siswa selama lima kali pertemuan dengan mengambil sampel 5 anak untuk diambil data keterampilan metakognitif. Materi yang dipilih adalah SPLDV. Berdasarkan hasil analisa data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: hasil pengembangan memenuhi kriteria “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP 3,62; dan LKS 3,61. Aktivitas siswa telah memenuhi kriteria aktif dengan prosentase siswa aktif sebanyak 95,7% dan prosentase siswa pasif sebanyak 4,3%. Kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran diperoleh rata-rata 3,91 yang berarti RPP yang digunakan dalam penelitian ini telah terlaksana dalam kategori “sangat baik”. Hasil keterampilan metakognitif menyatakan bahwa sebanyak 20% anak termasuk kedalam kategori keterampilan metakognitif tinggi, 40% sedang dan 40% rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Windayati, Widdywiwinecritz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Reciprocal Teaching (RT); Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP); metakognitif; keterampilan metakognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PENGEMBANG WIDDY WINDAYATI
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:57
Last Modified: 11 Nov 2016 09:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item