PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA SD AL-FALAH ASSALAM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprapti, Siti Ayu (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA SD AL-FALAH ASSALAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari asumsi bahwa guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk dan mengembangkan pribadi dan akhlak siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam SD Al-Falah Assalam Sidoarjo, mengetahui akhlak siswa SD Al-Falah Assalam Sidoarjo, dan mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak siswa SD Al-Falah Assalam Sidoarjo. Penelitian ini penting dalam memberikan informasi kepada para guru Pendidikan Agama Islam bagaimana cara yang baik dalam membentuk akhlak siswa, sehingga dalam pelaksanaannya guru mempunyai gambaran dan langkah persiapan dalam membentuk akhlak siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi yang memotret mengenai kegiatan atau masalah yang timbul di lapangan. Adapun teknik pengambilang sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu yakni sumber data dianggap paling tahu tentang apa yang diharapkan. Sampel dalam penelitian kualitatif ini berfungsi untuk mendapatkan informasi yang maksimum. Perolehan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan diabsahkan dengan metode wawancara sebagai penguat data yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai motivator, pengarah, mengontrol dan membimbing, contoh teladan yang baik, penasihat dan memberi konsekuensi, serta pembuat kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprapti, Siti AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ayu suprapti
Date Deposited: 18 Mar 2016 00:35
Last Modified: 18 Mar 2016 00:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item