This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lisa, Nurhayati (2016) Pelaksanaan supervisi akademik terhadap penjaminan mutu pembelajaran Al-Quran di SDI Sari Bumi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari SDI Sari Bumi merupakan LPI yang masih baru yang berada di kawasan sidoarjo, namun meskipun demikian segudang prestasi mampu ditorehkan oleh LPI ini, terutama tentang prestasi al-Qurannya. Padahal jika kita ketahui bahwa sangatlah tidak mudah untuk sebuah SDI yang masih baru bisa menorehkan segudang presatasi, sehingga jika dianalisis mendalam maka kunci yang dapat ditemukan adalah dari kegiatan pembelajarannya. Namun kegiatan pembelajaran tidak akan berhasil tanpa adanya pengawasan dan evaluasi, yangmana kegiatan tersebut adalah supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik akan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menciptakan proses pembelajaran bermutu serta meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan kajian teori bahwa Supervision is assistance in the development of better teaching learning situation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-lapangan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara dengan para supervisor pihak internal SDI Sari Bumi yang terdiri atas kepala sekolah dan koordinator al-Quran. Sedangkan untuk supervisor pihak eksternalnya dengan supervisor dari UMMI FOUNDATION, kemudian didampingi dengan teknik dokumentasi sebagai bahan penguat data lapangan. Untuk analisis data menggunakan metode deskriptif dengan pola berfikir deduktif. Selanjutnya untuk memperkuat hasil kevalidan data maka dilakukan tahap triangulasi data dengan sample pengajar al-Quran.
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik terhadap penjaminan mutu pembelajaran al-Quran di SDI Sari Bumi untuk pihak internal maka peran koordinator al-Quran lebih dominan dan maksimal dibanding peran kepala sekolahnya, karena peran kepala sekolah sebagai supervisor hanya bersifat umum. Untuk pendekatannya maka digunakan pendekatan kolaborasi, dengan teknik individu dan kelompok. Untuk konsep hingga implementasi kegiatan dapat dikatakan baik dan sesuai dengan standar konsep kegiatan supervisi pada umumnya, namun nilai minus didapat yaitu dari kurangnya pengembangan secara mandiri pada aspek dokumen, hal itu dikarenakan penyandaran secara mayoritas pada format dokumen yang diberikan oleh UMMI FOUNDATION. Untuk supervisi ekternal oleh UMMI FOUNDATION digunakannya pendekatan secara langsung dan tidak langsung dengan teknik individual dan kelompok. Dalam pengimplementasiannya bersifat fleksible dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga telah dapat dikatakan sesuai dengan kajian teori yang berlaku dan bahkan memiliki nilai plus dengan adanya sembilan pilar sebagai penjaminan mutunya, dan tujuh kualifiaksi dasar yang menjamin terbentuknya ahli supervisor pembelajaran al-Quran metode UMMI.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||
Keywords: | Supervisi Akademik; Penjaminan Mutu Pembelajaran; | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nurhayati Rusdiawan | ||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2016 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2019 06:20 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5358 |
Actions (login required)
View Item |