Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencegah nilai-nilai radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Himmatul (2022) Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencegah nilai-nilai radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Izzah_D01218024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran paham radikalisme sudah mencapai seluruh lapisan masyarakat Indonesia, utamanya dalam dunia pendidikan. Terjangkaunya dalam mengakses media sosial pada peserta didik menjadikan alternatif penyebaran radikalisme. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dan dampak dari penerapan strategi guru PAI dalam mencegah nilai-nilai radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Lamongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informasumber data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang kredibel peneliti membatasi penelitian pada kelas VII, sehingga informan dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI kelas VII, ketua takmir masjid, dan tiga peserta didik kelas VII yang merupakan wakil ketua remas, OSN, dan SCL. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI dalam mencegah nilai anti radikalisme dengan memberikan edukasi mengenai radikalisme, pembiasaan melalui kegiatan keagamaan, membiasakan berempati pada sesama, menanamkan cinta tanah air dan agama, serta memperkuat sikap tasamuh dan tarahum. Adapun dampak dari penerapan strategi tersebut yaitu wawasan peserta didik mengenai radikalisme menjadi bertambah, pendidikan karakter peserta didik menjadi lebih kuat, terbentuknya sikap empati, serta sikap tasamuh dan tarahum pada peserta didik menjadi bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Himmatulizzahizza.izza@gmail.comD01218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Radikal dan Radikalisme
Keywords: radikalisme; strategi guru; pendidikan agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Himmatul Izzah
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:17
Last Modified: 28 Jun 2022 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53664

Actions (login required)

View Item View Item