This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuryanti, Septi (2022) إستخدام وسيلة بليكورس ( Plickers) في إجراء عالم الإدراكي و محارة لغوية العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٤ سيدوأرجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Septi Nuryanti_D72218043.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dengan berkembangnya Teknologi Pada zaman ini, menuntut guru untuk memiliki kemahiran dalam membuat media pembelajaran. Dalam hal evaluasi juga dibutuhkan adanya inovasi terutama dalam perkembangan teknologi ini. Kemahiran dalam menyusun alat evaluasi pembelajaran merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru bahasa Arab, sebab evaluasi merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Dengan evaluasi, bisa diketahui apakah tujuan pembelajaran bahasa Arab yang telah ditetapkan sudah tercapai atau belum. Selanjutnya, hasil evaluasi itu akan menjadi masukan berupa umpan balik bagi perbaikan atau pengembangan proses pembelajaran berikutnya. Adapun Tujuan Penlitian : (١) Untuk mengetahui Penggunaan Aplikasi Plickers di MTsN 4 Sidoarjo, (٢) Untuk mengetahui Validitas dan Reliabilitas soal dalam menggunakan Aplikasi Plickers dan (٣) Untuk mengetahui Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Plickers saat digunakan di MTsN 4 Sidoarjo. Dalam Penelitian ini, Peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Deskripsi. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah ٣٠ siswa di MTsN 4 Sidoarjo. Dalam penerapan aplikasi Plickers dalam mengukur ranah kognitif siswa sangat menarik karena banyaknya fitur fitur aplikasi yang dapar membuat evaluasi pembelajaran bahasa arab menjadi menyenangkan dan kognitif dari masing masing peserta didik dapat terukur secara langsung tanpa guru menghitung manual. Dalam penggunaan aplikasi plickers ini setelah melakukan evaluasi akan muncul scoresheet peserta didik dan persentase tiap soal maupun tiap peserta didik. Aplikasi Plickers ini sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi guru. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan aplikasi plickers dapat digunakan dengan mengetik di google "Plickers login" kemudian membuat akun, membuat password serta memasukkan soal di library, new set, Per set hanya dapat diisi dengan 5 soal. kemudian di Smartphone mendownload aplikasi Plickers dan login dengan menggunakan email yang sama dengan aplikasi Plickers yg ada di laptop. kegunaan aplikasi Plickers di hp untuk scan jawaban peserta didik dengan menggunakan kode yang telah dibagikan. Peneliti menggunakan Koefisien Skalabilitas(Ks) dan Skala Reprodusibilitas(Kr) Dalam menguji Validitas Soal. Adapun hasil dari penelitian ini diketahui Kr sebesar 0,957419 Ks sebesar 0,914839 sehingga dapat disimpulan bahwa hasil intrumen ini sudah valid. Kemudian pada Uji Reliabilitas peneliti menggunakan rumus KR20 dan didapati hasilnya yaitu 0,732 yang mengartikan bahwa intrumen pada aplikasi ini reliabel dengan kategori tinggi sehingga dapat digunakan sebagai instrumen pengumpulan data yang reliabel.Pada Kelebihan dan Kekurangan aplikasi Plickers, Kelebihan aplikasi ini yaitu Mudah dipelajari, Penggunaannya sangat mudah, Soal yang ingin dimasukkan bisa menyesuaikan dengan keinginan, Hasilnya muncul secara langsung, Terdapat persentase jawaban siswa, Terdapat scoresheet secara otomatis, Scoresheet dapat dilihat sesuai keinginan guru, Terdapat banyak fitur untuk pembuatan soal agar lebih bervariasi, Dapat digunakan untuk ke 4 keterampilan, Kode Plickers dapat digunakan berulang, dan Guru lebih berhemat dalam penggunaan kertas untuk lembar soal dan jawaban. Kemudian Kekurangan dari aplikasi plickers ini adalah Jika memasukkan huruf Arab tidak bisa mengatur secara otomatis, Tidak bisa mengubah tulisan dari kanan ke kiri dan Rawan di terjadi kesalahan pada penggunaan kode plickers.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Plickers; Kognitif; Model Tes; Multiple Choice | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Septi Nuryanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 02:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2022 02:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53687 |
Actions (login required)
View Item |