This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ridhani, Muhammad (2022) فعالية نموذج التعلم ما وراء المعرفي بناء على المشكلات المفتوحة باستخدام الملصقات لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Ridhani_D92216042.pdf Download (3MB) |
Abstract
Model dan media pembelajaran merupakan dua komponen penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru-guru membutuhkan model dan media pembelajaran untuk menyampaikan pelajaran dengan efisien dan efektif. Tujuan utama penggunaan model dan media pembelajaran adalah untuk memperbaiki dan memudahkan mencapai hasil belajar siswa. Di era globalisasi saat ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih maju karenanya didukung oleh berbagai macam model pembelajaran. Karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dan media poster dalam pembelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Sampel penelitian ini berjumlah 38 siswa. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster efektif untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. Hasil t0 > ttabel│2,431 < 6,2 > 1,687. Maka H0 ditolah dan Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pengajaran |
||||||||||||
Keywords: | model pembelajaran; metakognitif berbasis masalah terbuka; media pembelajaran; poster | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Ridhani | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2022 06:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2022 06:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53764 |
Actions (login required)
View Item |