This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qathrunnada, Nabila (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nabila Qathrunnada_D71218088.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam kurikulum Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru adalah salah satu bagian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran SKI seringkali menghadapi beberapa problematika, antara lain munculnya stereotip bahwa materi SKI berisikan cerita masa lalu menyebabkan materi pelajaran tersebut kurang diminati oleh peserta didik sehingga mengalami penurunan hasil belajar. Proses belajar yang efektif tidak lepas dari model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yaitu Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe SFE terhadap hasil belajar SKI siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10. Populasinya berjumlah 1137 siswa. Peneliti memilih sampel yang akan digunakan adalah teknik random sampling yaitu random kelas dengan mengambil kelas 10 IPA 3, 10 IPA 4 dan kelas 10 IPS 5, di mana jumlah seluruh sampel yaitu 103 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwasanya penerapan model pembelajaran cooperative tipe SFE pada mata pelajaran SKI di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo termasuk dalam kategori baik dengan perhitungan mean hasil penyebaran angket yaitu sebesar 76,46 %. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative tipe SFE, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai mean yaitu dari 65,15 menjadi 88,3. Penerapan model pembelajaran tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar SKI, dengan diperoleh hasil uji-t dan uji-F secara parsial berturut-turut yaitu sebesar 15,554 dan 241,923 dengan sig. 0,000 0,05. Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative tipe SFE terhadap hasil belajar SKI siswa MA Darul Waru Sidoarjo memiliki nilai R sebesar 0,84.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan Sejarah > Sejarah Islam |
||||||||||||
Keywords: | Student Facilitator and Explaining (SFE); hasil belajar; sejarah kebudayaan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nabila Qathrunnada | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53834 |
Actions (login required)
View Item |