Implementasi model pembelajaran hybrid learning berbantuan media microsoft teams 365 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochim, Muhammad Fatchur (2022) Implementasi model pembelajaran hybrid learning berbantuan media microsoft teams 365 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatchur Rochim_D71218084.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sirkulasi pemerintah tentang peraturan penyelenggaraan pendidikan dalam keadaan darurat pandemi. Ini mengatur pembelajaran jarak jauh. Berbagai hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memerlukan model pembelajaran yang tepat, termasuk model pembelajaran hybrid. Model pembelajaran hybrid dilaksanakan dalam bentuk online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model pembelajaran hybrid berbantuan microsoft teams 365 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya. Survei ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru SMA Negeri 15 Surabaya, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode validasi data adalah dengan triangulasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis data terbimbing, meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan atau validasi. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa, SMA Negeri 15 Surabaya melaksanakan pembelajaran hybrid yang berpedoman pada kurikulum darurat. Model pembelajaran hybrid yang digunakan adalah station rotation model, dalam satu kelas siswa dibagi menjadi dua kelompok, kelompok satu mengikuti pembelajaran konvensional didalam kelas dan kelompok yang lain mengikuti pembelajaran daring di rumah. Dalam melaksanakan model pembelajaran ini, guru menggabungkan system pembelajaran offline tatap muka di kelas (face to face) dengan system pembelajaran online (synchronous virtual collaboration). Media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pembelajaran hybrid learning adalah Microsoft teams 365. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran ini. Adapun faktor pendukung tersebut diantaranya adalah 1)kompetensi guru, 2)dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1)jaringan sinyal yang kurang stabil, 2)kurangnya dukungan orang tua 3)motivasi belajar siswa yang rendah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochim, Muhammad Fatchurmuhammadfatchur83@gmail.comD71218084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Model pembelajaran hybrid learning; media microsoft teams
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fatchur Rochim
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:59
Last Modified: 14 Dec 2022 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53902

Actions (login required)

View Item View Item