This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiyah, Hanyfa (2022) Upaya guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tatap muka terbatas Di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Hanyfa Maulidiyah_D97218089.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang dari hasil pengamatan saat awal masuk pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 1 Sidoarjo. Peneliti menemukan masalah mengenai kemerosotan karakter pada diri peserta didik. Hal itu, dapat dilihat dari pudarnya pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) serta rasa canggung dalam berteman. Untuk mengatasi permasalahan itu, perlu ada upaya madrasah dalam mengadakan revolusi mental bagi peserta didiknya. Upaya implementasi pendidikan karakter di madrasah tak terlepas dari peranan guru kelas. Oleh karena itu peneliti melakukan analisis lebih dalam terhadap usaha guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tatap muka terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 1 Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru kelas saat mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 1 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan analisis model Miles dan Huberman terdiri dari: (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data, (3) Menarik kesimpulan. Subjek dari penelitian ini yaitu wakil kepala madrasah bidang kurikulum MIN 1 Sidoarjo dan guru kelas 1B MIN 1 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran tatap muka terbatas di antaranya memberi suri tauladan, melakukan kegiatan pembiasaan, memberi kesempatan dalam memimpin, mengintegrasikan nilai pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran, serta mengadakan kerja sama dengan orang tua. (2) Faktor pendukung di antaranya lingkungan madrasah dan program kegiatan yang mendukung kegiatan pendidikan karakter pada PTMT, pengaruh positif dari teman, keperdulian orang tua terhadap perilaku peserta didik, sedangkan faktor penghambat di antaranya kepribadian peserta didik yang belum bisa bertanggung jawab dengan dirinya serta kurangnya dukungan dari sebagian orang tua.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||||||
Keywords: | upaya; pendidikan karakter; pembelajaran tatap muka terbatas | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Hanyfa Maulidiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2022 04:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2022 04:10 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53926 |
Actions (login required)
View Item |