This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qiyamullaily, Arista (2022) Pengukuran manfaat Business Process Modelling Notation (BPMN) dalam Internalization Knowledge Capture pada Lembaga Penjaminan Mutu Universitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Arista Qiyamullaily_H96218052 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dokumen proses bisnis merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh organisasi agar kegiatan yang berjalan dapat terstruktur dengan baik. Sesuai dengan peraturan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi Republik Indonesia Nomor 71 tahun 2017 nomor 2017 pada pasal dua menyebutkan bahwa semua unit kelembagaaan termasuk perguruan tinggi negeri wajib mengembangkan, menyusun, menyelenggarakan, dan mengevaluasi peta proses bisnis. Sehingga penelitian ini akan melakukan pengembangan proses bisnis dengan melakukan pemodelan menggunakan diagram yang telah terstandarisasi secara Intenasional yakni Business Process Modelling Notation (BPMN). Penelitian ini juga melaksanakan pengukuran manfaat pada BPMN dalam internalization knowledge capture pada salah satu Lembaga Penjaminan Mutu Universitas bagian Penjaminan Mutu Internal. Penelitian ini menggunakan tiga proses yakni process identification, process discovery, dan process analysis. Diketahui, dari hasil dari penelitian ini yakni kegiatan pemodelan proses bisnis dilakukan dengan beberapa cara yakni 1. Wawancara, 2. Studi Dokumen, 3. Analisis Proses Bisnis. Hasil dari pemodelan proses bisnis dapat diakses pada link website: www.lpmuinsa-bpmn.com. Dari pengukuran manfaat Business Process Modelling Notation dalam Internalization Knowledge Capture pada process analysis terbukti bahwa pemodelan Business Process Modelling Notation pada porses bisnis di Lembaga Penjaminan Mutu Universitas bermanfaat pada internalisasi penangkapan pengetahuan. Nilai kebermanfaatan tertinggi dalam pemodelan BPMN pada internalisasi penangkapan pengetahuan dari seluruh perspective yakni pada process owner and the operational managers perspective dengan nilai 4,57. Hal ini dikarenakan, proces owner and the operational manager memiliki tanggung jawab dan hubungan secara langsung dengan proses bisnis yang telah dimodelkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Teknologi > Teknologi Informasi | ||||||||||||
Keywords: | Proses bisnis; BPMN; pengangkapan pengetahuan; internalisasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Arista Qiyamullayliy | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2022 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54287 |
Actions (login required)
View Item |