Hubungan emotional qoutient (eq) guru pendidikan agama Islam dengan pengamalan nilai-nilai moral keagamaan siswa di SMP Baitussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Nurul (2016) Hubungan emotional qoutient (eq) guru pendidikan agama Islam dengan pengamalan nilai-nilai moral keagamaan siswa di SMP Baitussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian hendak mengetahui relevansin uji hipotesis terhadap Emotional Quotient guru Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan nilai moral keagamaan siswa SMP Baitussalam Surabaya.
Berkenaan dengan itu, dalam penelitian lapangan (field study) ini digunakan metode penelitian kuantitatif untuk menggambarkan tentang EQ guru PAI, nilai-nilai moral keagamaan siswa, dan hubungan antara Emotional Quotient (EQ) guru PAI dengan pengamalan nilai-nilai moral keagamaan siswa.
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional guru PAI dengan pengamalan nilai moral keagamaan siswa di SMP Baitussalam, dengan menggunakan rumus product moment.
Terdapat korelasi antara Emotional Quotient (EQ) guru PAI dengan pengamalan nilai-nilai moral keagamaan siswa. Hal ini didasarkan pada perhitungan rxy = 0,651. Kemudian dikonsultasikan dengan harga “ r ” tabel dengan n = 30 dan taraf signifikansi 1% = 0,463. Dengan demikian 0,651 > 0,463 sehingga Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Emotional Quotient (EQ) Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pengamalan Nilai-nilai Moral Keagamaan Siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi EQ yang dimiliki oleh guru, maka akan semakin mampu untuk menanamkan nilai moral keagamaan pada diri anak didik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data-data yang diperoleh melalui angket yang kemudian dianalisis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, Nurul-D01211031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Akhlak
Guru
Keywords: Emotional Qoutient; Nilai Moral Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Choiriyah Nurul
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:13
Last Modified: 08 Nov 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5439

Actions (login required)

View Item View Item