This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aliyah, Syarifatul (2016) Profil kemampuan estimasi berhitung siswa ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (26MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan estimasi berhitung merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki seorang siswa, karena lebih 80% dari keseluruhan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan estimasi bukan perhitungan yang eksak. kemampuan estimasi berhitung juga sangat dibutuhkan dalam mengontrol kebenaran suatu jawaban serta dapat mengembangkan sikap positif terhadap matematika. Kemampuan estimasi berhitung tersebut memiliki kaitan erat dengan kognitif, dimana kognitif tersebut juga memiliki kaitan dengan perbedaan tipe kepribadian. Secara tidak langsung perbedaan tipe kepribadian juga memberi pengaruh terhadap kemampuan estimasi berhitungnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan estimasi berhitung siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist agar nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk bagaimana dapat mengembangkan kemampuan estimasi berhitung para siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada delapan siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist dari kelas VII B SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Hasil dari tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan estimasi berhitung yang terdiri dari empat komponen, yaitu reformulation, translation, compensation dan reasonableness. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan estimasi berhitung siswa tipe guardian dikategorikan baik. Untuk siswa dengan tipe artisan, kemampuan estimasi berhitungnya dikategorikan cukup. Sedangkan kemampuan estimasi berhitung siswa dengan tipe rational dikategorikan baik. Terakhir, untuk siswa dengan tipe idealist kategori kemampuan estimasi berhitungnya tergolong cukup.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Estimasi Berhitung; Guardian; Artisan; Rational; Idealist | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | aliyah syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 02:56 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2019 02:56 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5441 |
Actions (login required)
View Item |