This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febriana, Kurnia Dewi (2022) Implementasi sistem manajemen mutu ISO 21001:2018 dalam menunjang pelaksanaan Cambridge International Primary Program (CIPP) di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Febriana Kurnia Dewi_D93218084 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
ISO 21001:2018 merupakan standar organisasi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan bagi peserta didik. Cambridge International Primary Program (CIPP) adalah kurikulum internasional bagi jenjang pendidikan dasar yang menawarkan program layanan untuk mengadakan pembelajaran sesuai dengan standar operasional Universitas Cambridge. Penelitian berlokasi di SD Muhammadiyah 4 Surabaya bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi system manajemen mutu ISO 21001:2018, (2) mendeskripsikan implementasi cambridge international primary program (CIPP), (3) mengetahui implementasi sistem manajemen mutu ISO 21001:2018 dalam menunjang pelaksanaan cambridge international primary program (CIPP), (4) mendeskripsikan factor penghambat dan pendukung dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 21001:2018 yang menunjang pelaksanaan cambridge international primary program (CIPP). Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data; wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 6 orang; kepala sekolah, direktur program CIP, manajer representative ISO, sekretaris penjamin mutu ISO, pendidik science program CIP, peserta didik program CIP. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana ; collecting data, condensation data, display data, conclusion/verification data. Keabsahan data didasarkan pada triangulasi teknik, sumber, dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem manajemen mutu ISO 21001:2018 telah ada sejak tahun 2021 dan berjalan dengan sangat baik hingga hari ini dengan menerapkan kerangka kerja PDCA (Plan – Do – Check – Act) untuk merealisasikan 11 prinsip ISO 21001:2018, (2) sekolah mengadopsi 3 subjek pelajaran (science, math, english) dan teknik assessment; kelas 1-2 CPT, kelas 3-5 IPT, dan kelas 6 CPT. (3) sistem manajemen mutu ISO 21001:2018 terbukti mampu menunjang pelaksanaan program CIP ditinjau dari peningkatan minat orang tua/wali murid terhadap program CIP di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. (4) factor penghambat; cognitive, socio-emotionals, behavioural skills pendidik dan peserta didik yang memicu adanya NC (Nonconformity) ketidaksesuaian antara di lapangan dengan standar operasional yang menjadi kendala saat audit internal dan eksternal dilaksanakan. Solusi sekolah dengan mengadakan awareness training ISO 21011:2018 bersama PT. Global Certification Indonesia bagi pendidik dan tenaga kependidikan, factor pendukung terletak pada pengalaman sekolah yang telah menerapkan standar ISO sejak tahun 2008 pada saat masih adanya ISO 9001:2001
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen |
||||||||||||
Keywords: | Sistem Manajemen Mutu ISO 21001:2018; Cambridge International Primary Program (CIPP) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Depositing User: | Febriana Kurnia Dewi | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 06:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2022 06:45 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54431 |
Actions (login required)
View Item |