Pola parenting di pesantren dalam membentuk perilaku positif remaja santri: studi pola kepengasuhan di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Ro’fatul (2016) Pola parenting di pesantren dalam membentuk perilaku positif remaja santri: studi pola kepengasuhan di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Pola Parenting adalah cara atau model yang digunakan oleh Parent (pengasuh) dalam mendidik, dan membina anak dalam bentuk perlakuan fisik maupun psikis yang tercermin dalam tutur kata, sikap, perilaku dan tindakan yang diberikan. Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang ikut andil dalam mendidik dan membina santri agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Sedangkan Perilaku positif adalah tindakan-tindakan baik yang sesuai dengan norma, nilai dan peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola parenting yang diterapkan di pesantren Langitan widang Tuban dalam membentuk perilaku positif remaja santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, yakni menggambarkan pola parenting di pesantren dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan etnografi untuk memaparkan keunikan dan kompleksitas pola parenting (kepengasuhan) pondok pesantren Langitan Widang Tuban. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pola parenting yang paling dominan dalam membentuk perilaku positif remaja santri di Pesanten Langitan adalah pola parenting dengan metode nasehat, keteladanan (direct dan indiect), dan pengganjaran meliputi penghargaan dan hukuman yang sesuai dengan konsep pola kepengasuhan Ki Hajar Dewantara, yaitu, “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” yang berarti di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Pola parenting tersebut cukup berhasil dalam membentuk perilaku positif santri remaja meliputi perilaku ibadah, perilaku belajar, perilaku kesantunan, perilaku Interpersonal skill, dan perilaku pemenuhan kebutuhan seksual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Ro’fatulUNSPECIFIEDB53212087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pesantren
Keywords: Remaja; pola asuh; paranting; pesantren; Widang Tuban
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ummah rafa jafary
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:01
Last Modified: 25 Oct 2024 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item