This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rakhmasari, Indah (2022) Pengaruh strategi pembelajaran Case Study terhadap kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Indah Rakhmasari D01218025 ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran Case Study pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan. 2) Mengetahui kemampuan beripikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan. 3) Mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Case Study Terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan korelasional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 102 siswa, diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran case study pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan rata – rata berada pada rentang skor 56 sampai dengan 68 dan memiliki persentase 62,75% yang menunjukkan kategori sedang. 2) Kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan rata-rata berada pada rentang skor 58 sampai dengan 72, persentase sebesar 68,63% masuk dalam kategori sedang. 3) Pengaruh strategi pembelajaran case study terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan didapatkan hasil dari perhitungan korelasi product moment sebesar 0,802 sehingga diartikan bahwa kekuatan korelasinya memiliki hubungan yang sangat kuat dan memiliki arah korelasi yang positif. Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana didapatkan konstanta yang bernilai positif sebesar 14,323 yang berarti strategi pembelajaran case study berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis. Sedangkan nilai koefisien regresi didapat sebesar 0,824 yang artinya jika strategi pembelajaran case study mengalami peningkatan satu satuan maka kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan mengalami peningkatan sebesar 8,24%. Dengan demikian terdapat pengaruh strategi pembelajaran case study terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran Case Study; kemampuan berpikir kritis; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | INDAH RAKHMASARI | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2022 08:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2022 08:32 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54656 |
Actions (login required)
View Item |