Implementasi Metode Snowball Drilling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 7 Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Birro, Nailul (2016) Implementasi Metode Snowball Drilling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 7 Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Nailul Birro (D01212048). Implementasi Metode Snowball Drilling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 7 SEDATI, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Pembimbing: Drs. Sutiyono, MM.
Berdasarkan observasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi soal dan tugas, dan juga pembelajaran interaktif disekolah. Sehingga kebanyakan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa dan meskipun begitu masih banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam pelitian ini adalah Metode Snowball Drilling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Snowball Drilling untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dan B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan di SMP PGRI 7 SEDATI. Penelitian ini dilakukan pada tanggal November 2015. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: 1) Tehnik analisa data hasil observasi, 2) Analisa data hasil belajar siswa, dan 3) Analisa data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meskipun belum mencapai 100%. Pada kelas A pada siklus 1 hasil belajar siswa dilihat dari prosentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 93,548% meningkat pada siklus 2 mencapai 99,999%. Dan pada kelas B pada siklus 1 hasil belajar siswa dilihat dari prosentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 93,103% meningkat pada siklus 2 mencapai 96,551%. Sedangkan pada hasil tes juga mengalami peningkatan, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dan B di SMP PGRI 7 SEDATI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Birro, Nailul-D01212048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutiyono, SutiyonoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Metode Snowball; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nailul birro
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:44
Last Modified: 07 Nov 2019 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item