This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pratiwi, Elza Dwi (2022) Efektivitas penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Elza Dwi Pratiwi_D91218129.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak ditemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih belum maksimal atau dibawah KKM, yang dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu strategi atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Strategi atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak dapat dipungkiri bahwa memang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, namun masih banyak guru yang menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang masih sederhana dan kurang menarik sehingga menjadikan siswa merasa bosan dan cenderung pasif ketika belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo sebelum menggunakan strategi pembelajaran index card match. 3) Efektivitas strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Jenis peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik editing, scoring, dan tabulating. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo berjalan secara baik. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo sebelum menggunakan strategi pembelajaran index card match tergolong dalam kategori kurang baik. 3) Penerapan strategi pembelajaran index card match memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dari hasil formulasi statistik uji T (T test) baik pada taraf signifikansi 1 % maupun pada taraf signifikansi 5 % dengan hasil 2,79 (1,99 < 2,79 > 2,65).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Index Card Match; Hasil Belajar Siswa; Mata Pelajaraan Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Elza Dwi Pratiwi | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2022 19:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2022 19:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55009 |
Actions (login required)
View Item |