This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arivida, Rista (2016) Pendekatan saintifik dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam perspektif Al Qur'an. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang pendekatan saintifik perspekrtif Al-qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah:Bagaimana konsep pendekatan saintifik dalam kurikulum pendidikan islam. Bagaimana pendapat para mufassir mengenai pendekatan saintifik dalam kurikulum pendidikan agama islam.Bagaimana analisis pendekatan saintifik dalam kurikulum pendidikan agama islam perspektif Al Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakanmenggunakan metode dokumentasi peneliti menyelidiki benda-benda tertulis. Dalam analisis atau pengolahan data, penulis menggunakan metode tematik. Hasil penelitian ini adalahkonsep pendekatan saintifik yang terdiri dari lima kegiatan diantaranya mengamati, menanya, mengeksplor/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan yang dalam kaitannya dengan perspektif Al-Qur’an ialah bahwasanya kelima proses tersebut merupakan tuntutan kepada manusia agar mampu mengamati sebaik mungkin segala hal yang ada disekitarnya yang juga merupakan suatu ilmu pengetahan, dan hendaknya menanyakan segala sesuatu yang belum dipahami kepada ahlinya, lalu mampu mengamalkan atau mencoba mealkukan atas apa yang telah diterima dan menggunakan nalarnya sebaik mungkin agar tidak muncul persepsi kurang baik yang tidak ada dasarnya atau asal menyimpulkan saja tanpa ada pertimbangan tentang bagaimana dasarnya yang bisa menguatkan pengetahuan tersebut, lalu dalam proses mengkomunikasikan hendaknya mampu menyampaikan suatu ilmu yang telah kita pahami kepad orang lain yang belum memahaminya sebagaimana dalam ayat, dan secara keseluruhan itu juga menuntut agar mampu berfikir intelektual.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pengajaran Al Qur'an |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | rista arivida | ||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2016 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2020 04:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5516 |
Actions (login required)
View Item |