This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Izzudin, Muh Aris (2016) TRADISI AKADEMIK PESANTREN : STUDI TENTANG PEMBELAJARAN HALAQAH DI MA’HAD ALY HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Pesantren tengah berada dalam proses pergumulan antara identitas dan keterbukaan. Di satu pihak, pesantren di tuntut untuk menemukan identitasnya kembali sebagai lembaga pendidikan Islam. Sementara di pihak lain, ia juga harus bersedia membuka diri terhadap sistem pendidikan modern yang bersumber dari luar pesantren.
Modernisasi pendidikan Islam merupakan angin segar bagi kemajuan sebuah lembaga pendidikan Islam itu sendiri tetapi di sisi lain tidak banyak lembaga seperti pesantren mampu bertahan. Kebanyakan lenyap setelah tergusur oleh ekspansi sistem pendidikan umum atau mengalami transformasi menjadi lembaga pendidikan umum, atau setidaknya menyesuaikan diri dan sedikit banyak mengadopsi isi dan metodologi pendidikan umum.
Di satu sisi kemajuan yang dialami pesantren Tebuireng dalam bidang pendidikan formalnya ternyata semakin lama semakin membuat pesantren ini jauh dari corak pesantren dengan sistem pendidikan salaf seperti pada zaman KH. Hasyim Asy’ary. Menjawab semua itu maka didirikanlah Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari di pesantren Tebuireng, untuk menjaga tradisi akademik pesantren. Salah satu pembelajaran yang ingin dipertahankan adalah pembelajaran halaqah.
Dalam penelitian ini penulis akan mencoba membahas upaya Ma’had Ali dalam menjaga eksistensi tradisi akademik pesantren, serta upaya-upayanya dalam mewujudkan tujuan mulia tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini mengajukan beberapa permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana kegiatan pembelajaran halaqah di Ma’had Ali Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang?, (2) Sejauh mana tingkat keberhasilan pembelajaran halaqah di Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang?
Kesimpulan kajian dari permasalahan di atas adalah: (1) Pembelajaran halaqah di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dikoordinir oleh para mahasantri sendiri dalam hal ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Ma’had Aly, pembelajaran halaqah dilaksanakan di luar jam perkuliahan dengan jadwal khusus yang di bimbing secara langsung oleh para dosen. (2) Keberhasilan pembelajaran halaqah di Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, bisa dikatakan berhasil, hal ini bisa dilihat dari antusiasme mahasantri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran halaqah. kegiatan halaqah ini juga menghasilkan buku hasil dari pembahasan kegiatan pembelajaran halaqah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pesantren | ||||||
Keywords: | Pesantren; Halaqah; Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Muh Aris Izzudin | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2016 04:24 | ||||||
Last Modified: | 18 Apr 2016 04:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5527 |
Actions (login required)
View Item |