Pengaruh implementasi strategi multiple intelligence terhadap peningkatan minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas viii di Smp Muhammadiyah 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Fitri Nuri (2016) Pengaruh implementasi strategi multiple intelligence terhadap peningkatan minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas viii di Smp Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Implementasi Strategi Multiple Intelligence Terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana Implementasi Strategi Multiple Intellegences di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo?, (2) Bagaimana Keadaan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo?, (3) Adakah Pengaruh Implementasi Strategi Multiple Intellegences terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang pada proses penelitian datanya menggunakan metode dokumentasi, interview, observasi, dan angket. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, product moment, dan rumus regresi agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi multiple intelligence di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo hanya sebagian diterapkan. Artinya Metode-metode yang diterapkan hanya sebagian dan metode-metode tersebut sering diterapkan ketika proses pembelajaran PAI berlangsung. Dan peningkatan minat belajar PAI selalu mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil angket per item dan dari sikap antusias siswa. Dari hasil perhitungan product moment, hasil yang diperoleh 0,798 dan pada nilai “r” product moment baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,235 dan taraf signifikan 1% yaitu 0,306 dengan n = 67. Jadi dari hasil konsultasi tersebut diketahui bahwa hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Sehingga ada pengaruh yang signifikan dalam implementasi strategi Multiple Intelligence terhadap peningkatan minat belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dari hasil SPSS versi 20. Diketahui bahwa F hitung sebesar 114,007 dan F tabel sebesar 3,99. Dengan demikian terdapat pengaruh antara Implementasi Strategi Multiple Inteligence Terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Untuk melihat pengaruh secara parsial antara variabel X dan variabel Y, diketahui t hitung sebesar 10,677 sedangkan untuk t tabel sebesar 1,980. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, 10,677 > 1,980. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak Selain itu dari perhitungan SPSS di atas diketahui persamaan regresinya sebagai berikut: Y = α + bx = 8,266 + 0,764x. Untuk R Square sebesar 0,637. Hal ini berarti 63,7% Implementasi Strategi Multiple Inteligence Mempengaruhi Terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Fitri NuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Nuri Andriani
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:25
Last Modified: 14 Nov 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item