This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Idawati, Lili (2016) Konsep pendidikan karakter anak dalam keluarga: analisis karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam Buku Mendidik Anak Bersama Nabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan aset besar dalam pembangunan umat, ikut menentukan kualitas “kepribadian muslim peradaban” manusia. Berbicara mengenai masalah pendidikan, tidak terlepas dari eksistensi keluarga, Keluarga merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama dimana dia mendapat pengaruh dari orang- orang berada disekitarnyaDalam kaitannya dengan dunia pendidikan, era globalisasi saat ini merupakan tantangan besar bagi orang tua dalam upaya mendidik anak. Orang tua sebagai pemilik anak yang sesungguhnya memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan utama. Karena orang tua mempunyai kedudukan penting dalam membentuk karakter anak. Maka hal yang perlu ditinjau ulang terlebih dulu adalah bagaimana pendidikan yang telah dilakukan oleh orang tua. Peran orang tua sebagai pendidik dalam keluarga harus mampu memberikan metode atau strategi dan aspek pembinaan pendidikan karakter secara Islami, yang sesuai dengan perkembangan anak-anaknya. Oleh sebab itu dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran orang tua, aspek-aspek pembinaan pendidikan karakter anak dalam keluarga karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam buku Mendidik Anak Bersama Nabi. Penelitian ini merupakan penelitian library research, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pedagogis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi terhadap data primer maupun data sekunder. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis sehigga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran pendidikan karakter yang dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan pendidikan islam yang lebih komperhensif, selain itu hasil penelitian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat penelitian lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak, Keluarga
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Anak Keluarga Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Anak; Keluarga; Muhammad Nur Abdul Hafizd | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | idawati lili | ||||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2016 06:17 | ||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2019 03:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5570 |
Actions (login required)
View Item |