This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thoyyibah, Umi (2016) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY'ARI DAN ZAKIYAH DARADJAT : STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY'ARI DAN ZAKIYAH DARADJAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (938kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan nasional yang mulai meninggalkan nilai moral. Sehingga banyak dari peserta didik yang dinilai tidak mempunyai kesantunan. Sesungguhnya tujuan utama dari pendidikan islam adalah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, jiwa yang bersih, dan tahu membedakan baik dan buruk. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Zakiyah Daradjat, yang nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah moral yang terjadi di negeri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Zakiyah Daradjat, (2) mengetahui komparasi konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Zakiyah Daradjat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library reseach), ialah penelitian teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasrkan atas pembacaan-pembacaan terhadap Iiterature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (content analisis), metode ini merupakan analisis ilmiyah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini peneliti mengkaji dari pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Zakiyah Daradjat mengenai konsep pendidikan akhlak.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari ada 2 aspek yaitu: pertama akhlak pendidik, meliputi: a. akhlak yang harus dimiliki pendidik, b. upaya yang dilakukan untuk menjaadi pendidik professional, c. strategi pendidik dal mengajar. Kedua akhlak peserta didik, meliputi: a. akhlak yang harus dimiki peserta didik, b. upaya yang dilakukan untuk menjadi peserta didik yang berakhlak mulia, c. strategi dalam belajar. (2) konsep pendidikan akhlak menurut Zakiyah Daradjat mengedepankan 3 faktor yaitu: a. faktor figure (orang tua dan guru), b. faktor kultur, dan c. faktor tekstur. (3) persamaan konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Zakiyah Daradjat yaitu dalam hal materi pendidikan, pendidikan akhlak (upaya dari pendidik dan peserta didik), dan hubungan sosial kemasyarakatan. (4) perbedaan, pembentukan akhlak seorang anak dan konsep pendidikan akhlaq KH Hasyim Asy’ari lebih condong pada lingkungan pendidikan, sedangkan Zakiah Dardjat pada lingkungan keluarga.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Perilaku |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | umi thoyyibah | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:12 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2016 08:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5588 |
Actions (login required)
View Item |