This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dzulhijjah, Asma Rohma (2016) Pendekatan Cognitive Behavior Therapy dalam Mengontrol Emosi Negatif Siswa Terisolir : Studi Kasus Siswa X di SMP Negeri 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan Cognitive Behavior Therapyadalah pendekatan konseling yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan konseli pada saat ini dengan cara melakukan restrukturisasi kognitif dan perilaku yang menyimpang. Pendekatan ini akan berupaya membantu klien mengubah pikiran-pikiran atau pernyataan diri negatif, keyakinan-keyakinan dan sikap klien yang tidak rasional. Emosi negatif pada dasarnya dapat dirubah ke arah yang lebih positif melalui konseling, dan salah satu konseling yang tepat yakni melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy. Seperti yang dialami oleh siswa X yang terisolir di SMPN 1 Gedangan-Sidoarjo ini mengalami gejala emosi negatif dapat diberikan konseling terapi melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana kondisi emosi negatif pada siswa X yang terisolir di SMPN 1 Gedangan-Sidoarjo, bagaimana pelaksanaan pendekatanCognitive Behavior Therapydalam mengontrol emosi negatif pada Siswa X yang terisolir di SMPN1 Gedangan-Sidoarjo,bagaimana evaluasi dan follow up pendekatan Cognitive Behavior Therapydalam mengontrolemosi negatif siswa X yang terisolir di SMPN 1 Gedangan-Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi emosi negatif pada siswa X yang terisolir di SMPN 1 Gedangan-Sidoarjo, untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan Cognitive Behavior Therapydalam mengontrol emosi negatif pada Siswa X yang terisolir di SMPN1 Gedangan-Sidoarjo,untuk mengetahuievaluasi dan follow up pendekatan Cognitive Behavior Therapydalam mengontrolemosi negatif siswa X yang terisolir di SMPN 1 Gedangan-Sidoarjo. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan Studi Kasus. Adapun informan penelitiannya adalah Konselor (Guru BK), Konseli (Seorang yang membutuhkan bantuan), Wali kelas dan teman satu kelas konseli. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pelaksanaan konseling terapi melalui pendekatan Cognitive Behavior Therapydalam mengontrol emosi negatif pada Siswa X yang terisolir di SMPN1 Gedangan-Sidoarjodapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa X setelah pemberian terapi. Siswa X berusaha dalam mengontrolemosi negatifnya lebih baik ke arah positif dengan selalu mengontrol diri dan mengingat kolereasi konsekuensi positif jika melakukan perilaku positif yaitu berupa reward dan konsekuensi negatif jika melakukan perilaku negatif yaitu berupa punishment.
Kata Kunci : Cognitive Behavior Therapy, Emosi Negatif, Siswa Terisolir
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||
Keywords: | Cognitive BehaviorTherapy; Emosi Negatif; SiswaTerisolir | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | asma rohma dzulhijjah | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:48 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2019 04:47 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
View Item |