Pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Al Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Ainun (2016) Pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Al Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMP Al Hikmah Surabaya. Penelitian dilaksanakan terhadap 129 siswa terdiri dari kelas VII-F, VII-G, VII-I, dan VII-J.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian regresi. Pendekatan metode kuantitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa angka-angka statistik yang dipergunakan untuk menunjukkan semua kenyataan dilapangan diproses dengan menjumlahkan, membandingkan dengan jeli sehingga diperoleh prosentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti meliputi: (1) Observasi digunakan untuk memperoleh data kemamampuan guru dalam mengolah pembelajaran dengan mengaplikasikan metode diskusi sebagai strategi pembelajaran. (2) wawancara dapat memperoleh data yang akurat dan jelas dari sumber data yang terlibat secara langsung pada waktu proses belajar mengajar dalam menerapkan metode diskusi (3) Angket untuk memperoleh data mengenai penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (4) Tes untuk memperoleh hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dengan mengaplikasikan metode diskusi (5) Dokumentasi digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data tentang SMP Al Hikmah Surabaya. Analisis yang digunakan adalah (1) analisis pendahuluan menggambarkan hasil angket metode diksusi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi (2) analisis hipotesis menggunakan statistic korelasi dengan rumus product moment pearsondan mencari persamaan garis regresi dengan metode skor deviasi (3) analisis lanjutan untuk mengetahui apakah nilai Freg signifikan atau tidak dengan melakukan uji signifikansi.
Hasil penelitian ini adalah Y = 40,986 + 1,949X Persamaan tersebut diuji keberartiannya menggunakan uji F dan diperoleh Freg sebesar 128,899. Pada taraf kesalahan 1% dengan dk (1:127) diperoleh Ftabel = 6,84 dan pada taraf kesalahan 5% dengan dk (1:127) diperoleh Ftabel = 3,92. Karena Freg >Ftabel, yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Besarnya kontribusi metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Al Hikmah Surabaya mencapai 50,4%, selebihnya 49,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Ainun--D31212099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode Pendidikan; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ainun naimah
Date Deposited: 04 May 2016 08:28
Last Modified: 19 Dec 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item