KORELASI ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA MI ROUDLOTUL MUTA'ALLIMIN MENGANTI-GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nur Rohmatus (2016) KORELASI ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA MI ROUDLOTUL MUTA'ALLIMIN MENGANTI-GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Kurangnya rasa percaya diri memberikan dampak
sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Rasa PercayaDiri Siswa MI Roudlotul Muta’allimin Menganti Gresik ? (2)Bagaimana Hasil
Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa MI Roudlotul Muta’allimin Menganti Gresik ? (3)
Adakah Korelasi antara Rasa Percaya diri dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits
siswa di MI Roudlotul Muta’allimin Menganti Gresik ?
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang
dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan wawancara terbuka, pada teknikobservasi adalah dengan panduan lembar observasi guru dan siswa, sedangkan pada
teknik angket menggunakan kisi-kisi dan butir-butir soal angket.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut: (1)Rata-rata rasa percaya diri siswa MI Roudlotul Muta’allimin Menganti-Gresik termasuk dalam kategori
tinggi . Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata rasa percaya diri siswa sebesar 29,46, yang terdapat pada interval 28-36 dan termasuk dalam kategori tinggi. (2) Hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa MI Roudlotul Muta’allimin Menganti-Gresik
mencapai rata-rata 73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran termasuk dalam kriteria baik. (3)Dapatlah diketahui bahwa terdapat korelasi
yang signifikan antara rasa percaya diri dengan hasil belajar mata pelajaran AlQur’an Hadits siswa MI Roudlotul Muta’allimin Menganti-Gresik. Hal ini terbuktidari perhitungan korelasi product moment, yakni 0,301. rhitung yang diperoleh tersebut
dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikasi 5% 0,220 dan 1% 0,286, menunjukkan bahwa r
hitung lebih besar dari rtabel, dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) ini berarti bahwa terdapat hubungan atau
korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Jika rhitung diinterpretasikan
pada tabel intrepretasi r product moment maka berada dalam kisaran 0,20 – 0,40,
yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antar kedua variabel tetapi korelasi itu lemah atau rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nur RohmatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Psikologi > Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmatus Sa'adah
Date Deposited: 13 Apr 2016 05:03
Last Modified: 13 Apr 2016 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item