Implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur'an Dan Hadis kelas X MA Al-Munawwaroh Kembangbahu Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Hanik (2016) Implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur'an Dan Hadis kelas X MA Al-Munawwaroh Kembangbahu Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya proses pembelajan
yang masih terpaku pada paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru.
Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan mengenai implementasi pendekaan saintifi
kurikulum 2013 dan factor - faktornya serta bertujuan mendeskripsikan pendekatan saintifik melalui perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits kelas X MA Al-Munawwaroh Kembangbahu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Menggunkan jenisdata kualitatif yang berupa kata atau gambar. Sumber primer dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits kelas X, peserta didik dan buku tentang pendekatan saintifik. Sedangkan data sekunder berasal dari literature yang menunjang dan lapangan. Teknik pengumpulan data meliput, observasi, dokumentasi dan tehnik interview. Data dianalisis menggunakan analisis
konten (analisis isi).
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menyusun perencanan pembelajaran dengan mengkaji silabus yang ada, serta menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kerangkan pendekatan saintifik
meliputi kegiatan mengamati, menanya mengumpulkn informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, dalam pelaksanaan pembelajarannya kurang maksimal. Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits yang dominan pada proses mengumpulkan informasi/mencoba belum diterapkan dengan
baik. Faktor pendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah sarana prasarana yang memadai dan fator penghambatnya berasal dari guru yang kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran, penggunaan metode yang kurang variatif dan siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Hanik--D51212119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendekatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanik Masruroh
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:23
Last Modified: 03 Dec 2019 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item