This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masruroh, Hanik (2016) Implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur'an Dan Hadis kelas X MA Al-Munawwaroh Kembangbahu Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya proses pembelajan
yang masih terpaku pada paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru.
Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan mengenai implementasi pendekaan saintifi
kurikulum 2013 dan factor - faktornya serta bertujuan mendeskripsikan pendekatan saintifik melalui perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits kelas X MA Al-Munawwaroh Kembangbahu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Menggunkan jenisdata kualitatif yang berupa kata atau gambar. Sumber primer dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits kelas X, peserta didik dan buku tentang pendekatan saintifik. Sedangkan data sekunder berasal dari literature yang menunjang dan lapangan. Teknik pengumpulan data meliput, observasi, dokumentasi dan tehnik interview. Data dianalisis menggunakan analisis
konten (analisis isi).
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menyusun perencanan pembelajaran dengan mengkaji silabus yang ada, serta menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kerangkan pendekatan saintifik
meliputi kegiatan mengamati, menanya mengumpulkn informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, dalam pelaksanaan pembelajarannya kurang maksimal. Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits yang dominan pada proses mengumpulkan informasi/mencoba belum diterapkan dengan
baik. Faktor pendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah sarana prasarana yang memadai dan fator penghambatnya berasal dari guru yang kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran, penggunaan metode yang kurang variatif dan siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendekatan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Hanik Masruroh | ||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2016 07:23 | ||||||||
Last Modified: | 03 Dec 2019 06:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5648 |
Actions (login required)
View Item |