Hubungan antara achievement motivation dan social support dengan adversity quotient pada penghafal al-Qur'an di pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiah, Arsada (2022) Hubungan antara achievement motivation dan social support dengan adversity quotient pada penghafal al-Qur'an di pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arsada Ilmiah_J91218080 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan dukungan sosial dengan kecerdasan kesulitan. Subjek penelitian ini adalah penghafal al-Qur’an di pesantren. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 148 orang berdasarkan tabel pengambilan sampel Krijcie dan Morgan. Analisis hasil data dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan nilai koefisien korelasi = 0,232 dengan p = 0,00 (p < 0,001) dan = 0,137 dengan p = 0,00 (p < 0,001) . Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kecerdasan kesulitan pada penghafal al-Qur’an di pesantren dan terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan kecerdasan kesulitan pada penghafal al-Qur’an di pesantren. Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 15,8% terhadap Kecerdasan kesulitan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiah, Arsadaarsadailmiah@gmail.comJ91218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: Motivasi berprestasi; dukungan sosial; kecerdasan kesulitan; penghafal al-Qur'an
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Arsada Ilmiah
Date Deposited: 01 Aug 2023 12:48
Last Modified: 01 Aug 2023 12:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56484

Actions (login required)

View Item View Item