This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sumarta, Laila Nur Fitri (2016) FUNGSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU DI MADRASAH ALIYAH AR-ROSYID SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian tentang “Fungsi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya”
Dalam skripsi ini penulis menguraikan tentang Bagaimana Fungsi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya, Bagaimana Mutu Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya, dan Bagaimana Fungsi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya.
Skripsi ini menggunakan penelitian deskriptif – kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, serta untuk menjawab rumusan masalah yang ada penulis menggunakan analisis data Reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai Fungsi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid adalah Supervisi yang baik harus mampu membuat guru semakin kompeten, yaitu guru semakin menguasai kompetensi, baik kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogic, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Oleh karena itu, kompetensi akademik harus menyentuh para pengemban seluruh kompetensi guru. Guru menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran, kualitas pembelajaran atau pembentukan kompetensi dapat dilihat dari segi proses dan hasil. Keberhasilan kepala sekolah sebagai supervisor ditunjukkan oleh tumbuh kesadaran terhadap tenaga kependidikan (guru) untuk meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan ketrampilan tenaga kependidikan (guru) dalam melaksanakan tugasnya. Kesimpulan ini penulis sampaikan berdasarkan proses yang ada di MA. Ar-Rosyid Surabaya.
Dalam pemaparan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran kepada pihak sekolah yaitu Kepala Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya berserta guru yang telah disupervisi agar pelaksanaan kegiatan supervisi/ pengawasan, dapat terjadwal dengan baik supaya tujuan supervisi untuk meningkatkan mutu/ kualitas guru bisa terlaksana dengan baik.
Kata Kunci : Supervisi kepala sekolah dalam peningkatkan mutu guru
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Laila Nur Fitri Sumarta | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2016 05:53 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2016 05:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5658 |
Actions (login required)
View Item |