This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tyas, Diani Ning (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN KEDUNGREJO WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Sebelum adanya pengembangan metode pembelajaran, kegiatan belajar masih kurang menarik karena siswa cenderung pasif dan jarang mengajukan pertanyaan. Perhatian dan kemandirian siswa masih rendah karena siswa hanya bergantung pada apa yang telah diberikan guru dan kurang tepatnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan satu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, karena metode ini dapat menempatkan siswa sebagai subyek pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo yang berjumlah 100 siswa. Sampel yang diambil berjumlah 40 siswa, karena teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam pengumpulan data menggunakan angket, di dalam angket tersebut yang bertindak sebagai variabel X adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sedangkan variabel Y adalah Keaktifan siswa dalam belajar. Dan observasi untuk mengenai sekolah ini. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI, menyampaikan informasi tentang penerapan model pembelajaran Student facilitator and Explaining, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompokkelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, evaluasi. 2) keaktifan siswa yang di dapat dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah “cukup baik”. Hal ini terlihat dari rata-rata keaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo adalah 49. 3) Dari analisis uji hipotesis diketahui ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo yang signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh r_hitung> r_tabel dengan angka 1,96 >0,312. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, Ha yaitu “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Kedungrejo Waru Sidoarjo” diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Diani Ning Tyas | ||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2016 07:55 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2016 07:55 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5672 |
Actions (login required)
View Item |