This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qhusniyah, Awalul (2014) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PERDAMAIAN DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Focus Penelitian adalah ( 1 ) Bagaimana landasan konseptual pendidikan tentang perdamaian dalam pandangan islam?, ( 2 ) Bagaimana konsep pendidikan islam tentang perdamaian dalam perspektif Abdurrahman Wahid?, ( 3 ) Bagaimana konsep pendidikan perdamaian perspektif Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut skripsi ini merupakan penelitian library research yang mengkaji seorang tokoh bernama Gus Dur. Ia sering di klaim sebagai tokoh kontroversial yang kreatif dan cerdas. Berbagai pengalaman telah direguk mulai tingkat lokal, nasional maupun internasional sehingga banyak ide-ide kreatif menghiasi nusantara ini. Salah satu pemikirannya tentang konsep pendidikan islam perdamaian yang dimuat di dalam buku Islam Ku, Islam Anda, Islam Kita.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut Abdurrahman Wahid Konsep Pendidikan Islam Perdamain merupakan suatu pendidikan untuk menerima perbedaansebagai sunnatullah agar saling mengenal, menghindari perpecahan, mengembangkan kerjasama dengan menanamkan rasa saling pengertian, saling memiliki dan bersikap inklusif, tidak membatasi pergaulan dengan siapapun. (2) Dalam perspektif pendidikan Islam, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pendidikan Islam Perdamaian memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan memiliki terhadap umat agama lain. (3) Konsep pendidikan perdamaian Perspektif Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al- Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A. RUBAIDI | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | pendidikan Agama Islam; Perspektif Perdamaian; Abdurrahman Wahid | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2015 08:18 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2015 08:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/569 |
Actions (login required)
View Item |