MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER (KPPM) DI MTS DARUSSALAM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlis, Mukhamad (2016) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER (KPPM) DI MTS DARUSSALAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat 2 ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim. Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan penddikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam Tujuan penerapan pendidikan karakter (KPPM) di MTs Darussalam Sidoarjo dan Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM) di MTs Darussalam Sidoarjo mulai dari perencanaan, pengorganisasian, implementasi serta evaluasi.Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research atau penelitian kancah atau lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar MTs Darussalam Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analsisis data dilakuakan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari penerapan pendidikan karakter (KPPM) adalah untuk membekali siswa dengan ilmu pegetahuan agama yang kuat, serta penerapanya dalam kehidupan sehari hari serta dengan penerapan kepribadian muslim disekolah, siswa menjadi memahami hakikat serta sejatinya seorang muslim. Kemudian manajemen kurikulum meliputi, perencanaan, pengorganisasian serta pelaksanaan dan evaluasi, Pengembangan Pribadai Muslim MTs Darussalam Sidoarjo menggunakan Integrated Curriculum (kurikulum yang mengintegrasikan keseimbangan antar IPTEK dan IMTAQ). Selain itu juga pada pengorganisasian tenaga pendidik/guru dan pengorganisasian bahan ajar. Tahap implementasi meliputi tahap rekruitmen guru dan karyawan, pembekalan guru dan karyawan, penyelenggaraan pendidikan, pengembangan diri, pembelajaran dan metode pembelajaran. Pada tehap evaluasi meliputi evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk/output

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlis, Mukhamadkang.jo40@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Pendidikan; kurikulum; manajemen pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mukhamad mukhlis
Date Deposited: 31 May 2016 04:16
Last Modified: 31 May 2016 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item