Analisis hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta atas penggunaan fanart untuk kegiatan komersial di marketplace

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Rizka (2022) Analisis hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta atas penggunaan fanart untuk kegiatan komersial di marketplace. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Ayuningtyas_C92218168 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizka Ayuningtyas_C92218168 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2027.

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara kepada fanartist dan penjual fanart. Analisis penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa dalam praktiknya komersialisasi fanart di marketplace menggunakan dua cara yaitu penjual menggunakan sistem dropship tanpa seizin penjual dan mencetak fanart milik orang lain menjadi berbagai macam produk merchandise. Dalam hukum Islam praktik tersebut merupakan bentuk pembajakan yang sama saja mengambil hak milik orang lain tanpa rida pemiliknya. Komersialisasi ini hukumnya haram karena objeknya merupakan barang curian dan termasuk jual beli ba>t}il karena objek yang dijual tidak memenuhi syarat. Sedangkan dalam Undang-Undang Hak Cipta praktik ini telah melanggar pasal 9 ayat (2) yang menyebutkan bahwa setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi wajib mendapatkan izin pencipta atau pemegang hak cipta. Berdasarkan kesimpulan diatas maka Penjual yang menjalankan bisnis merchandise fanart harusnya menggunakan jasa para kreator yang membuka open commission untuk menciptakan karakter sendiri dan apabila menggunakan fanart milik orang lain seharusnya meminta izin terlebih dahulu. Untuk pemerintah seharusnya memberikan edukasi tentang hak cipta kepada masyarakat untuk mencegah lebih banyak kasus pelanggaran hak cipta. Untuk masyarakat seharusnya membeli barang orisinal atau barang yang tidak mengandung unsur pelanggaran hak cipta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, Rizkarizkaayu157@gmail.comC92218168
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Hak Cipta
Jual Beli
Keywords: Hak cipta; Fanart; Kegiatan komersial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:58
Last Modified: 15 Oct 2024 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57217

Actions (login required)

View Item View Item